Thursday, October 4, 2012

Jenis - jenis Kopi kelas dunia

Jenis - jenis Kopi

Ilustrasi Kopi Luwak

1. kopi arabika ( arabica coffee ) 
kopi yang datang dari brasil serta etiopia ini menguasai 70 % pasar kopi dunia. kopi arabika mempunyai banyak varietas, bergantung negara, iklim, serta tanah area kopi ditanam. anda dapat mendapatkan kopi toraja, mandailing, kolumbia, brasilia, serta lain sebagainya. pada kopi arabika yang satu serta yang lain mempunyai perbedaan rasa. 

tersebut tanda-tanda kopi arabika : 
*aromanya wangi enak serupa percampuran bunga serta buah. hidup di tempat yang sejuk serta dingin. 
* mempunyai rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi type robusta. 
* mempunyai bodi atau rasa kental waktu disesap di mulut. 
* rasa kopi arabika lebih mild atau halus. 
* kopi arabika juga populer pahit. 
* harga nya lebih kurang rp 32. 000 per kg. 

2. kopi robusta 
menguasai 30 % pasar dunia. kopi ini tersebar di luar kolumbia, layaknya di indonesia serta filipina. sama layaknya arabika, keadaan tanah, iklim, serta proses pengemasan kopi ini dapat tidak sama untuk tiap-tiap negara serta membuahkan rasa yang sedikit banyak juga tidak sama. 

tanda-tanda kopi robusta : 
* mempunyai rasa yang lebih layaknya cokelat. 
* bau yang dihasilkan khas serta manis. 
* warnanya beragam cocok dengan langkah pengolahan. 
* mempunyai struktur yang lebih kasar dari arabika. 
* harga nya lebih kurang rp 18. 000 per kg. 

3. kopi ekselsa, racemosa, serta liberica ( african coffee ) 
adalah type kopi yang ada diantara arabika serta robusta. kopi tersebut sekarang ini tetap didalam step pengembangan. 

4. kopi luwak 
adalah kopi yang datang dari biji kopi arabika atau robusta yang dimakan oleh luwak. luwak dapat menelan buah kopi ( berwarna merah ) serta memprosesnya dengan enzim yang ada di perutnya. biji dari buah kopi itu lantas terbuang berbarengan kotorannya. 

biji inilah yang diberi nama kopi luwak. kita tetap meneliti enzim yang ada di perut luwak yang bikin kopi ini lantas lebih enak, papar dr surip pada kompas female. 

kopi luwak dihargai lebih kurang rp 350. 000, apalagi lebih, bergantung type kopi yang dimakan luwak. kopi luwak jadi lebih istimewa dikarenakan luwak melacak buah kopi yang 90 % masak. ia tidak lihat warna, namun memakai daya penciuman yang tajam serta senantiasa melacak kopi pada malam hari. didalam satu pohon kopi, cuma 1-2 butir buah yang dimakan. dengan demikian, kopi yang di ambil oleh luwak merupakan kopi dengan nilai kematangan paling tinggi, yang pastinya amat punya pengaruh pada rasa kopi kedepannya. 

apapun type kopi yang ada, proses penyortiran sampai pengemasannya amat punya pengaruh pada rasa kopi. contohnya, kopi yang tercampur dengan tanah, daun, ranting, serta benda yang lain yang turut terbawa waktu pemetikan serta penjemuran kopi dapat merubah cita rasa kopi.

0 Responses to “Jenis - jenis Kopi kelas dunia”

Post a Comment

@dhany. Powered by Blogger.
Back To Top